Dorong Ekonomi Digital, Pos Indonesia Luncurkan Perangko NFT

Okky Adiana
Pos Indonesia atau PosIND meluncurkan perangko berbasis Non-Fungible Token (NFT) Seri Mural Cenderawasih. (Foto: istimewa)

BANDUNG, iNewsCimahi.id - Pos Indonesia atau PosIND meluncurkan perangko berbasis Non-Fungible Token (NFT) Seri Mural Cenderawasih. Peluncuran prangko NFT ini menjadi salah satu langkah inovatif Pos Indonesia dalam menghadapi tantangan di era digital.

 

Peluncuran perangko NFT  dilakukan oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika  Nezar Patria, bertepatan dengan peringatan Hari Bhakti Postel ke-79 di Bandung, Jumat 27 September 2024. Turut menyaksikan Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal Rochmad Djoemadi dan Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) Jerry Mangasas Swandy. 

 

Menurut Nezar Patria, perangko NFT  ini merupakan terobosan yang dilakukan oleh PT Pos Indonesia dalam rangka beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital. 

 

"Ini salah satu terobosan PT Pos Indonesia dengan membuat perangko NFT, dan saya kira ini menjadi salah satu langkah awal memasuki ekonomi digital," ujar Nezar. 

 

Dia berharap, langkah ini akan diikuti  inovasi lainnya oleh PT Pos Indonesia agar terus sejalan dengan perkembangan industri yang semakin terintegrasi dengan teknologi digital. 

 

"Kita harapkan dengan terobosan ini, PT Pos Indonesia juga membuat terobosan-terobosan lain yang dapat menyesuaikan dengan perkembangan industri yang saat ini sangat sarat dengan teknologi digital," tambahnya.

 

Direktur Utama Pos Indonesia, Faizal R Djoemadi mengungkapkan, NFT sebagai inovasi terbaru dari Pos Indonesia. NFT  ini merupakan langkah yang harus dilakukan Pos Indonesia, mengingat tren global di dunia filateli yang telah beralih ke platform digital.

 

"Di Asia Tenggara, kita merupakan negara ketiga setelah Thailand dan Malaysia yang meluncurkan NFT," ujar Faizal. 

 

Dia menambahkan, meskipun perangko tidak lagi hanya digunakan sebagai alat pembayaran untuk pengiriman barang, perangko kini beralih fungsi menjadi barang koleksi. Bahwa produk tersebut  memiliki nilai ekonomi yang terus meningkat.

 

Perangko NFT, lanjut Faizal, juga mempunyai posisi yang lebih difokuskan sebagai barang koleksi. "Benda ini bisa dikoleksi dan harganya akan naik terus. Selain itu, NFT  lebih mudah dimiliki oleh seluruh penduduk dunia," jelasnya. 

 

Menurut dia, koleksi perangko fisik sering kali sulit didapatkan, terutama jika harus memesan dari luar negeri. Namun, dengan NFT , prosesnya lebih sederhana karena dapat ditransfer secara digital melalui platform blockchain.

 

Menariknya, NFT  ini hadir dalam dua bentuk, yaitu fisik dan digital, yang disebut Faizal sebagai "twin". Inovasi ini diharapkan dapat menarik minat generasi muda, terutama mereka yang sudah akrab dengan dunia digital, untuk kembali mengoleksi perangko dalam bentuk NFT.

 

Diketahui, PT Pos Indonesia (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang jasa kurir dan logistik, jasa keuangan, serta property. Didirikan pada tanggal 26 Agustus 1746, PT Pos Indonesia (Persero) menjadi salah satu BUMN tertua di Indonesia.

Editor : Okky Adiana

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network