Peringatan Harganas, Pemkot Cimahi Perkuat Peran Keluarga dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045

Okky Adiana
Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi pada kegiatan Peringatan Harganas Ke-31 Tingkat Kota Cimahi Tahun 2024 di Convention Hall Cimahi Techno Park Kota Cimahi, Jumat (30/8/2024). (Foto: istimewa)

CiMAHI, iNewsCimahi.id - Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi pada kegiatan Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-31 Tingkat Kota Cimahi Tahun 2024 di Convention Hall Cimahi Techno Park Kota Cimahi, Jumat (30/8/2024). 

“Tugas kita saat ini adalah mempersiapkan generasi emas yang berkualitas, memiliki karakter, berahlak, mandiri dan mampu bersaing,” tegas Dicky. Karenanya Ia menekankan untuk memperkuat peran keluarga sehingga Indonesia pada umumnya dan Kota Cimahi pada khususnya dapat menghasilkan generasi yang berkualitas.  

Menurutnya keluarga yang berkualitas akan menjadi dasar bagi pengembangan karakter individu yang cerdas, sehat, tanggap, berkarakter dan memiliki daya saing sehingga mimpi untuk mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045 bukan lah hal yang mustahil. 

Tahun 2045 merupakan tonggak sejarah bagi Bangsa Indonesia karena pada saat negara Indonesia mencapai ulang tahun yang ke 100 atau satu abad perjalanan, Indonesia juga akan menghadapi bonus demografi yang harus dimanfaatkan secara optimal untuk meraih pertumbuhan ekonomi yang pesat, sekaligus membawa Indonesia menjadi negara maju dan berdaya saing tinggi di panggung global.

“Untuk membentuk keluarga yang berkualitas harus dimulai dari perencanaan, berencana semenjak akan berkeluarga, karena keluarga berkualitas itu nanti akan sangat menentukan keberhasilan kita untuk 20 tahun mendatang menuju Indonesia emas 2045,” tutur Dicky. 

Menurut Dicky, selain perencanaan yang baik dari pasangan yang akan berkeluarga, Pemerintah Daerah juga memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas, contohnya dengan penyediaan sarana dan prasarana dasar seperti air bersih, fasilitas kesehatan hingga fasilitas pendidikan. 

Pendidikan, menurut Dicky, merupakan salah satu aspek yang paling penting untuk mewujudkan generasi berkualitas. Dengan pendidikan yang berkarakter generasi muda akan dimodali oleh nilai-nilai yang kuat dalam berkehidupan.

“Itulah pentingnya menanamkan nilai-nilai agar keluarga itu mulai berencana, berencana itu dalam konteks bagaimana dia sudah harus mengetahui tentang nilai-nilai dasar kehidupansupaya lebih sehat dan bebas dari sisi buruk baik itu pengaruh buruk dari pergaulan atau teknologi,” jelasnya.

Editor : Okky Adiana

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network