Pemkot Cimahi Raih Penghargaan Insentif Fiskal Kategori Pengendalian Inflasi Daerah Periode Pertama

Okky Adiana
Pemerintah Daerah Kota Cimahi meraih penghargaan Insentif Fiskal kategori Pengendalian Inflasi Daerah Periode Pertama tahun 2024 dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. (Foto: istimewa)

Tito berharap kegiatan ini dapat menjadi momentum bagipemerintah, baik Pemerintah Pusat atau pun PemerintahDaerah untuk memperkuat komitmen dalam menjagastabilitas perekonomian dan menurunkan angka inflasi di Indonesia.

 

Senada dengan itu Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI, Luky Alfirman menyampaikan bahwa pemberian penghargaan ini atas kinerja pemerintah daerah dalam mengendalikan tingkat inflasi di wilayahnya masing-masing. 

 

Menurutnya dengan pemberian pengharagaan ini dapat menumbuhkan iklim kompetisi yang sehat di kalangan Pemerintah Daerah terutama di bidang pengendalian inflasi. 

 

“Pemberian penghargaan ini dilakukan atas kinerjaPemerintah Daerah pada tahun berjalan dan diberikan dalambeberapa periode dan beberapa kategori, agar Pemerintah Daerah terus terpacu untuk meningkatkan kinerjanyasepanjang tahun 2024. 

 

Penghargaan kali ini dengan kategori Pengendalian Inflasi Daerah diberikan kepada Pemda yang berhasil menjaga stabilitas harga barang di wilayahnya sehingga tingkat inflasi nasional bisa terjaga,” tutur Luky. 

 

Lebih lanjut Luky memaparkan bahwa penilaian kinerjaPemda dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal, yakni pelaksanaan 9 (Sembilan) upaya yang menunjukan upayapenginflasi pangan yang telah dilakukan Pemda, kepatuhandalam penyampaian laporan kepada Kemendagri, Kemendagdan Kemenko Bidang Perekonomian, peringkat inflasi yang merupakan capaian dalam upaya pengendalian inflasi yang telah dilakukan, serta rasio realisasi dan alokasi belanja titikinflasi terhadap total anggaran belanja daerah.

 

Sementara itu, Dicky Saromi mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang dicapai oleh Kota Cimahi. Menurutnya capaian tersebut merupakan hasil dari kerja keras bersama dalam hal inovasi serta kerja keras dalam upaya pengendalianinflasi di Kota Cimahi.

 

“Ini adalah penghargaan yang sangat luar biasa karena kita Kota Cimahi dinilai berhasil dalam melakukan terobosan-terobosan dan langkah-langkah sehingga inflasi tetap terjaga sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan kita Kota Cimahi, dan tentunya juga untuk masyarakat Kota Cimahi,” pungkasnya.

 

Hadir pada acara ini Menteri Dalam Negeri RI, Wakil Menteri Keuangan RI, Kepala Badan Pangan Nasional, Kepala Badan Pusat Statistik, Deputi III Kantor Staf Presiden, Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian dan Lembaga, Gubernur, Bupati, Wali Kota penerimapenghargaan, sedangkan Gubernur dan Bupati/Wali Kota lainnya hadir secara daring (online).

Editor : Okky Adiana

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network