Viral Mahar Caleg Rp3,5 Miliar, Saan; Kami Konsisten Politik Tanpa Mahar

Arif Budianto
Pengurus DPW NasDem Jabar saat menggelar konferensi pers di DPW NasDem Jabar, Jalan Cipaganti, Kota Bandung, Selasa (14/6/2023). (Foto: Arif Budianto).


Saan menegaskan, sepanjang proses pemilu sejak 2014, 2019 dan sekarang NasDem tidak pernah meminta syarat atau mahar. Saan mencontohkan ketika pemilihan presiden periode pertama Surya Paloh mendukung Joko Widodo itu tanpa syarat apapun. Begitupun pada periode kedua. Hal ini juga berlaku pada dukungan terhadap calon gubernur, bupati, wali kota.

Saan menegaskan, selama kader memiliki karakter baik, punya kemampuan, kapasitas dan bisa membawa daerahnya maju maka NasDem akan memberikan dukungan. Dukungan tanpa mentraksaksikan dan membebani.

NasDem Jabar akan tetap konsisten untuk mewujudkan politik tanpa mahar. Pasalnya, partai besutan Surya Paloh ini ingin memperbaiki kondisi politik tanah air sekaligus memberikan pandangan positif masyarakat terhadap partai politik. "Nasdem ingin mengembalikan kepercayaan publik terhadap partai sebagai pilar utama demokrasi," tegasnya.

Sementara terkait beberapa pengurus pindah partai, Saan mempersilahkan karena merupakan hak politik bersangkutan untuk bergabung dengan partai lain. Nasdem Jabar pun tidak akan menghambat dan melarang tindakan tersebut.

"Kita semua pernah menjadi keluarga besar NasDem. Walaupun beda sikap politik dan sebagainya tapi yang namanya hubungan kemanusiaan kita harus terjalin baik," ujar dia.

Dia pun mengklaim tidak semua caleg dan pengurus mundur. Saat ini, lebih dari 50 persen caleg tetap bertahan di NasDem. Pihaknya sudah menyiapkan untuk pengganti berikutnya.

"Masih ada seperti bendahara. Jadi kami sudah siapkan dan antisipasi semuanya sampai nanti masa perbaikan di KPU. Insyaallah kuota 50 caleg di Kabupaten Indramayu 100 persen akan kami penuhi," imbuh dia. 



Editor : Okky Adiana

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network