Dosen Prodi Manajemen FEB Universitas Widyatama Gelar PkM dengan Menggandeng Mitra Dapur Enin

Okky Adiana
Tim dosen Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan menggandeng mitra Dapur Enin. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNewsCimahi.id - Tim dosen Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan menggandeng mitra Dapur Enin, sebuah UMKM yang bergerak di bidang katering di kota Bandung.

Kegiatan PkM ini, mengusung tema Pelatihan Peningkatan Produktivitas pada Katering Dapur Enin, Bandung, pada beberapa hari lalu.

Ada beberapa narasumber dalam kegiatan ini, pertama dosen Manajemen S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama, Intan Widuri Sakti, menyampaikan materi mengenai perizinan dan keanggotaan asosiasi.

Kedua, Nugraha Saefudin tentang produktivitas dan pengadaan bahan baku, dan ditutup oleh materi dari Yenny Maya Dora, mengenai pentingnya penyusunan laporan keuangan pada UMKM.

Intan memberikan masukan tentang pentingnya perizinan dan keanggotaan asosiasi agar bisnis berumur panjang, misalnya keanggotaan pada Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI).

"Saat ini, Dapur Enin sedang mengusahakan keanggotaan pada APJI agar dapat memperoleh standardisasi layanan dan melayani konsumen yang lebih luas," ujar Intan.

Selanjutnya, oleh Nugraha. Dia menyebutkan, tentang produktivitas dan pengadaan bahan baku.

"Bisnis katering memerlukan pasokan bahan baku yang konsisten agar kualitas bahan baku konsisten, karena konsistensi kualitas adalah kunci penting bagi kelangsungan bisnis," kata Nugraha.

Sementara Yenny memberikan masukan tentang pentingnya catatan dan laporan keuangan yang terstruktur untuk mengukur apakah sebuah bisnis sudah berjalan secara produktif dan efisien.

"Dengan menyusun laporan keuangan yang baik UMKM dapat melihat progres bisnis selama kurun waktu tertentu," imbuh Yenny.


Dapur Enin Bandung, yang didirikan oleh Desy Arisandi yang berpusat di Jalan. M.H. Abdurochman, Margasuka Bandung, 6 tahun lalu dengan menjual berbagai menu rice bowl.

Saat ini Dapur Enin menggunakan media sosial Instagram dan Facebook, serta mempromosikan menu-menu terbaru di status Whatsapp. Dari postingan menu Instagram, Facebook, dan status WhatsApp, Dapur Enin dapat menjaring konsumen setia.

Sebagai catatan, kegiatan ini terselenggara atas dukungan Yayasan Widyatama, Rektor Universitas Widyatama, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama, LP2M Universitas Widyatama serta tim PKM yang terdiri dari, Oktora Yogi Sari, Intan Widuri Sakti, Nugraha Saefudin, Yenny Maya Dora, Asep Sudrajat , Yusep Budiansyah, 5 orang mahasiswa FEB UTama, serta Dapur Enin Bandung sebagai mitra PKM.



Editor : Okky Adiana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network