Ini Sejarah Singkat Masjid Tertua di Kota Cimahi

Okky Adiana
Masjid Baiturrohmah didirikan pada 1938 silam oleh Syeikh Usman Dhomiri. Keunikan masjid ini, ada sebuah makam almarhum Syeikh Usman Dhomiri di depan masjid.


Dia menjelaskan, masjid Baiturrohmah bisa terbilang masjid yang kecil, namun setelah itu, pada tahun 2000-an, ada penambahan di area belakang masjid tersebut. Pembangunan ini diserupakan dengan jumlah penduduk di Kota Cimahi.

"Pas zaman saya tahun 2019 kebetulan pas bulan Ramadan, mau teraweh pas musim hujan, gerimis, jemaah pada bubar. Itu tergerak untuk bagaimana caranya untuk memasang kanopi saja, masukan dari teman-teman DKM, gimana kalau kita cor aja, pada akhirnya jalan lah konsep," papar Iyus.

Kini masjid Baiturrohmah mempunyai beberapa fungsi seperti sebagai tempat ibadah, sebagai sarana dakwah, sebagai tempat sosial, sebagai tempat pendidikan Islam, dan sebagai peninggalan sejarah.

"Karena basic-nya masjid itu umum, jadi kita berbicara masjidnya saja, misal ada pengajian umum itu di hari minggu, sisanya kegiatan yasinan dan wiridan," ucapnya.



Editor : Okky Adiana

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network