get app
inews
Aa Text
Read Next : Kasus Pelecahan Seksual di Garut, Unpad Buka Suara

Dapat Tarif PSO, 4 KAJJ Daop 2 Ini Sukses Dongkrak Okupansi Hingga 110 Persen

Selasa, 15 April 2025 | 19:06 WIB
header img
KA PSO Sukses Membantu Mobilitas Masyarakat Pada Masa Angleb 2025 di Daop 2 Bandung. (istimewa)

BANDUNG, iNewsCimahi.id - Manager Humas KAI Daop 2 Bandung, Kuswardojo tak menampik jika kebijakan pemberian tarif Public Service Obligation (PSO) dongkrak kinerja positif KAI pada Angkutan Lebaran 2025.

“Angkutan Lebaran 2025 telah berakhir dengan catatan positif. Berkat kebijakan pemerintah melalui tarif PSO, kami dapat mengoperasikan KA Ekonomi PSO  yang melayani rute-rute strategis dari dan menuju Daop 2 Bandung," Kata Kuswardojo di Cimahi. Senin, (15/4/2025)

Menurutnya, dengan skema pemberian tarif PSO tersebut pelayanan KAI tidak hanya memberikan tarif yang terjangkau, namun juga mampu  mengurangi beban kemacetan di jalur darat. 

"Selama periode Angkutan Lebaran 2025 (21 Maret–11 April 2025), Daop 2 Bandung mengoperasikan 6 KA Ekonomi PSO Reguler yakni KA Kahuripan, KA Kutojaya Selatan,  KA Cikuray dan 3 KA Siliwangi, serta 1 KA Ekonomi PSO Tambahan yakni KA Pasundan Lebaran," katanya.

Bahkan, imbuhnya, 4 KA Ekonomi PSO yang merupakan KA Jarak Jauh, menjadi KA Favorit pelanggan untuk mudik dan balik pada Angkutan Lebaran 2025, yakni :

1. KA Pasundan Lebaran

2. KA Kutojaya Selatan

3. KA Kahuripan 

4. KA Cikuray

Kuswardojo menjelaskan, keempat kereta tersebut mencatat okupansi lebih dari 110 persen (okupansi dinamis) selama Angkutan Lebaran 2025. Hal tersebut menandakan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap layanan KA Ekonomi PSO di wilayah Daop 2 Bandung.

Oleh karenanya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus berkomitmen meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan angkutan kereta api. 

PT KAI Daop 2 Bandung berkomitmen untuk terus mengoptimalkan layanan kereta api, terutama  pada momen penting seperti Angkutan Lebaran kemarin.

"Kami akan terus melakukan evaluasi pada seluruh pelayanan yang kami berikan dan terus berinovasi agar layanan kereta api semakin nyaman, andal, dan terjangkau bagi masyarakat,” pungkasnya.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut