get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Cimahi Menggelar Malam Grand Final Pasanggiri Moka Tahun 2024

Optimalkan Layanan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni, DPKP Cimahi Luncurkan Imah Koering

Kamis, 10 Oktober 2024 | 13:09 WIB
header img
DPKP Kota Cimahi meluncurkan Intervensi ruMAH dengan peningkatan KOmunikasi, Edukasi, dan infoRmasimelalui pelibatan Tenaga Sanitasi LINGkungan - untuk Pastikanoutput yang Layak dan mengUtamakan Sehat (IMAH KOERING PLUS). (Foto: istimewa)

CIMAHI, iNewsCimahi.id - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Cimahi meluncurkan Intervensi ruMAH dengan peningkatan KOmunikasi, Edukasi, dan infoRmasimelalui pelibatan Tenaga Sanitasi LINGkungan - untuk Pastikanoutput yang Layak dan mengUtamakan Sehat (IMAH KOERING PLUS).

 

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Endang, menyampaikan bahwa salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah Kota Cimahi dalam meningkatkan kualitas permukiman adalah dengan melakukan rehabilitasi RTLH. Ia menyoroti pentingnya keterlibatan Tenaga Sanitasi Lingkungan untuk turut serta membenahi aspek Kesehatan Lingkungan rumah selainaspek ketahanan serta kecukupan ruang. 

 

Ia pun menyebutkan bahwa dalam pelaksanannya, rehabilitasi RTLH juga masih menghadapi beberapa kendala.

 

 “Saat ini masih ada permasalahan terkait belum terfasilitasinya masyarakat yang miskin/miskin ekstrem oleh kegiatan rehabiltasi RTLH karena ketiadaan swadaya,” ujarnya. 

 

Untuk mengatasi hal tersebut, DPKP saat ini sedang merumuskan adanya standar harga untuk bantuan stimulan yang khusus untuk masyarakat miskin/miskin ekstrem. 

 

Sementara itu Kepala Bidang Perumahan Permukiman, Sambas Subagdja, menyampaikan melalui aplikasi ini, diharapkan penilaian CPCL akan menjadi lebih cepat dan transparan, karena sudah menghitung nilai dari berbagai aspek, diantaranya aspek keselamatan, kecukupan ruang dan kesehatan rumah serta aspek inklusifitas dariCPCL. 

Ia menjelaskan kelompok masyarakat yang berhak menerimabantuan RTLH ini adalah masyarakat fakir miskin/miskin ekstrem, kepala keluarga lansia, kepala keluarga penyandang disabilitas, kepala keluarga perempuan rawan ekonomi serta penderita penyakit berbasislingkungan (TB Paru, Pneumonia, stunting, dan lainnya.

 

Lebih lanjut Sambas menerangkan bahwa impelementasi inovasi inisudah dimulai sejak September 2024 lalu, diawali dengan kegiatanpembentukan Tim CEKAS, pelaksanaan Focus Group Discussion, penyusunan proses bisnis yang inklusif dan kolaboratif, penyusunan standar pelayanan dan SOP baru, penyusunan standar harga inklusifserta pembentukan Tim Verifikator Lintas Sektor.  

 

Dengan adanya inovasi ini diharapkan akan mempermudahmasyarakat dalam mendapatkan rumah yang layak huni danmenjadikan penghuninya sehat sekaligus mengentaskan berbagaimasalah lingkungan lainnya di Kota Cimahi.

 

"Harapan ke depan, kegiatan Rehab RTLH juga menunjang dan bersinergi terhadap pelaksanaan program lainnya yang dilaksanakan Pemerintah DaerahKota Cimahi, diantaranya pengentasan kemiskinan, pencegahan danpenanggulangan Tuberculosis dan stunting, serta deklarasi Open Defecation Free (ODF),” pungkasnya.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut