get app
inews
Aa Read Next : Kolaborasi ITB dan UNIMUDA Sorong Dorong Kreativitas dan Kemandirian Ekonomi di Papua Barat Daya

Komitmen ITB86: Gelar Kejuaran Catur Pelajar Nasional Bidak Ganesha ke-4 dan Reksadana

Selasa, 03 September 2024 | 14:23 WIB
header img
Komitmen ITB86 Majukan Pendidikan di Indonesia: Gelar Kejuaran Catur Pelajar Nasional Bidak Ganesha ke-4 dan Reksadana Bakti Ganesha Abadi. (Foto: istimewa)

JATINANGOR, iNewsCimahi.id - Komunitas Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 1986 – ITB86, atau lebih dikenal sebagai 8ageur 6eulis, sejak 2016 menjadi komunitas nonprofit yang melakukan pelbagai kegiatan sosial, baik di internal maupun luar ITB.

 

Di bidang pendidikan, ITB86 memiliki Program Beasiswa G86. Hingga tahun 2024 ini, bantuan beasiswa tersebut sudah diberikan kepada ratusan siswa/mahasiswa.

 

Selain program beasiswa, ITB 86 secara resmi berkomitmen kepada ITB, melalui Badan Pengelola Usaha dan Dana Lestari (BPUDL) ITB, mewujudkan kemajuan pendidikan di Indonesia melalui pembelian Reksa Dana Pendapatan Tetap Trimegah Bakti Ganesha Abadi sebesar Rp1 miliar. Hal itu disampaikan secara simbolis pada Kejuaraan Catur Pelajar Nasional ITB86 Bidak Ganesha ke-4 yang diselenggarakan oleh ITB86 di GOR Futsal, ITB Kampus Jatinangor, Minggu (1/9/2024).

Program Reksa Dana Pendapatan Tetap Trimegah Bakti Ganesha Abadi merupakan program kerja sama antara BPUDL ITB dan Trimegah Sekuritas, sebagai salah satu instrumen investasi yang nantinya dapat digunakan sebagai sumber pendanaan jangka panjang untuk mendukung keberlanjutan program-program di ITB. Harapannya semangat berkontribusi para alumni ITB86 untuk kemajuan pendidikan ini dapat terus tersebar dan tertular ke berbagai komunitas angkatan maupun jurusan.

 

Di bidang olahraga, salah satu yang menjadi perhatian adalah catur. Hal ini karena catur merupakan salah satu olahraga yang tumbuh subur di ITB. Terlebih, minimnya pembinaan pecatur muda/belia. Oleh karena itu, sejak 2016, ITB86 telah menyelenggarakan 3 kali Kejuaraan Catur Khusus Pelajar Tingkat Nasional, yaitu pada 2016, 2019, dan 2023.

 

Kejuaraan Catur Pelajar Tingkat Nasional ITB86 Bidak Ganesha yang ke-4 Tahun 2024 ini dihadiri oleh Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., Sekretaris Institut ITB, Prof. Dr.Ing. Ir. Widjaja Martokusumo, perwakilan KONI, dan PERCASI Bandung-Jawa Barat, serta aparat terkait.

 

Kejuaraan catur tahun ini diikuti 420 peserta dari 10 kategori, yakni Pra Sekolah, SD kelas 1-2-3, SD Kelas 4-5-6, SMP dan SMA, dengan total hadiah Rp86 juta untuk 94 pemenang.

 

Semoga seperti semboyannya gens una sumus (kita menjadi satu keluarga besar), ITB86 terus memberikan kontribusi bagi kemajuan pendidikan dan olahraga khusunya bidang catur di Indonesia.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut