get app
inews
Aa Read Next : Sambut hari Kemerdekaan ke-79 RI, PT Pegadaian Jabar hadirkan program Gadai Bebas Bunga

HUT ke-78 Republik Indonesia, PT Inti Perkenalkan Tujuh Produk Berbasis Digital

Kamis, 17 Agustus 2023 | 18:40 WIB
header img
PT Inti memperkenalkan tujuh produk bertepatan dengan HUT ke-78 RI. (Foto: Arif Budianto)

BANDUNG, iNewsCimahi.id - PT Inti meluncurkan tujuh produk unggulan berbasis teknologi bertepatan dengan HUT ke-78 Republik Indonesia. Ketujuh produk tersebut diharapkan dapat menggenjot pendapatan PT Inti pada tahun ini.

"Tahun ini kami memiliki target pendapatan internal sebesar tiga kali lipat dari tahun sebelumnya. Nilainya triliunan rupiah," jelas Direktur Utama PT Inti (Persero) Edi Witjara pada peluncuran tujuh produk dan peringatan HUT RI di kawasan PT Inti, Jalan M Toha, Kota Bandung, Kamis (17/8/2023).

Tujuh produk yang diluncurkan yaitu Smart Metter, Inti Security Key, e-Taxation, I-Office, Inti Cloud, Beauty of Indonesia, dan lainnya. Ketujuh produk tersebut hasil produksi anak bangsa. Saat ini, produk tersebut siap dipasarkan ke segmen pemerintahan, corporate, dan lainnya.

Menurut dia, tujuh produk tersebut diharapkan dapat mendorong pendapatan PT Inti diluar pendapatan dari pengerjaan proyek. Dia menyebut, secara pangsa pasar, potensi produk tersebut sangat besar.

"Kita punya market dari segmen government, seperti kementerian lembaga, dan lainnya. Kemudian ada  private sektor dan perusahaan. Di Indonesia ini mungkin jumlah perusahaan besar lebih dari 5000-an. Itu yang akan kami bidik," beber dia.


Menurut dia, produk digital yang dirilis  merupakan hasil kolaborasi PT Inti (Persero) bersama putra-putri terbaik Indonesia. Serta digarap bersama partner berskala global, mulai dari riset, rancang bangun, arsitektur, pembuatan komponen, hingga pengembangan aplikasi.

“Kami berharap aksi korporasi ini akan menjadi jalan terbentuknya kurva positif untuk keberlanjutan bisnis Perusahaan, sekaligus berdampak pada perkembangan industri digital di taraf nasional, dalam sekian dekade mendatang,” ungkap dia.

Edi menjelaskan, produk tersebut secara spesifik direalisasikan untuk mendukung program strategis INTI Reborn yang telah mengantongi restu dari pemegang saham. Sekaligus menjadi jalan untuk mendukung kemandirian teknologi dalam negeri dan produk lokal yang handal, serta membangun daya saing Indonesia di kancah global, terutama dalam penguasaan teknologi untuk market lokal.

“Tujuh produk digital yang dirilis hari ini, harapannya dapat menjadi pengungkit perkembangan industri domestik, terutama untuk mengurangi ketergantungan terhadap produk digital asing,” ujar Edi.


Salah satu produk yang diunggulkan adalah INTI-Key Security System. Sebuah aplikasi pengamanan digital yang didesain untuk melakukan otentikasi dan verifikasi melalui perangkat selular. Sistem ini memanfaatkan kriptografi canggih seperti yang ada di smart chip pada kartu ATM atau kartu kredit sehingga dapat digunakan untuk melakukan otentikasi dan otorisasi secara virtual dalam aplikasi di smartphone.

Melalui proses integrasi melalui Software Development Kit (SDK), sistem proteksi ini juga sangat fleksible untuk diintegrasikan dengan aplikasi yang ada.  Sehingga melindungi aplikasi dari serangan serangan malware seperti undangan.apk, tilang.apk, keylogger, dan lainnya.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan kerja sama strategis, tentang Pembangunan dan Pengelolaan Sportainment Area di PT INTI (Persero) dengan PT Elfia Putra Jaya.

Juga kolaborasi terkait Penggunaan Layanan INTICloud yang ditandatangani oleh Direktur Operasi PT INTI (Persero) Ahmad Taufik dengan Group Chief Executive Officer Ihsan Group Chew Chai Jin.

“Kolaborasi strategis ini merupakan upaya agresif Perseroan untuk mempercepat business alignment lima tahunan, sehingga menjadi Trusted Technology Company with Rp 5 trillion Revenue,” imbuh dia.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan launching Inti Journalist Forum (IJF) sebagai upaya PT Inti menjalin koordinasi lebih erat dengan para jurnalis. 

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut