Peringati Hari Pangan Sedunia, Pemkot Gelar GPM dan Bagikan Bibit Cabai Gratis

Okky Adiana
Memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) yang diperingati setiap 16 Oktober, Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) menggelar GPM di Selasar Gedung B Kantor Pemkot Cimahi, Rabu(16/10/2024). (Foto istimewa)

CIMAHI, iNewsCimahi.id - Memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) yang diperingati setiap  16 Oktober, Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Selasar Gedung B Kantor Pemkot Cimahi, Rabu (16/10/2024). 

 

GPM dimaksudkan sebagai salah satu upayaPengendalian Inflasi Daerah (PID) dengan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) dalam rangka mencegah dan menanggulangi terjadinya masyarakat rawan pangan, sekaligus untuk penyediaan pangan serta upaya stabilisasi pasokan, stok dan harga pangan agar stabil antar waktu dan antar daerah.

 

Dalam program Gerakan Pangan Murah, digelar produk-produk dari KTNA, KWT-KWT, Gapoktan, CHC, PengusahaPangan yang ber-KTP Cimahi. Hal ini juga menjadi upayaDispangtan Kota Cimahi dalam pembinaan Pelaku Usaha Pangan Daerah melalui program diBina, diBela dan diBeli(B3). 

 

Selain menyediakan pangan pokok dan pangan segarseperti telur, daging, cabe, bawang merah, daging sapi dandaging ayam, serta olahannya pada GPM kali ini jugadisediakan gastronomi olahan pangan lokal berbahan baku singkong. Perum Bulog Cabang Bandung juga hadirmenyediakan Beras SPHP yang dapat diperoleh dengan hargaRp58.000/5 Kg.

 

Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi menjelaskanfilosofi tema Hari Pangan Sedunia Tahun 2024 yakni ‘HakAtas Pangan untuk Kehidupan yang Lebih Baik dan Masa Depan yang Lebih Baik’

“Kenapa tema ini diangkat, karena kita tahu bahwa pangan adalah kebutuhan pokok bagi manusiasetelah udara dan air, oleh karena itu dengan tema ini kitasemua harus mempunyai kesadaran tentang seluruh umatmanusia untuk memperoleh akses dan hak atas pangan,” tutur Dicky pada saat meninjau pelaksanaan GPM.

 

Ia menjelaskan bahwa selain karena persoalan iklim, semakinberkurangnya luasan lahan serta jumlah penduduk yang semakin meningkat menjadi salah satu penyebab masalahdalam ketersediaan pangan. Meski demikian Dicky menyebutkan untuk Kota Cimahi, stok dan ketersediaanpangan masih dalam neraca aman, 

 

“Saya sudah cek antarasupply dan demand, supply masih cukup aman bahkanberlebih. Nah harga juga masih cukup wajar dan masih ada di bawah rata-rata, oleh karena itu ini merupakan kabar baik buatKota Cimahi jadi stok atas pangan tetap terjaga walaupun kitabukan daerah produsen,” tegasnya.

Menurut Dicky, apa yang dilakukan Dispangtan Kota Cimahi melalui GPM ini merupakan upaya untuk membantumasyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan pokoknyadengan harga yang terjangkau. Ia pun menuturkan untukpenyediaan beras, masyarakat dapat memperoleh beras SPHM beras kualitas medium pada program SiBesti yang diadakansetiap hari kamis minggu terakhir di setiap bulannya. 

 

Ada yang unik pada pelaksanaan GPM kali ini, selainpenyediaan bahan pangan pokok dan pangan segar, Dispangtan Kota Cimahi melakukan pembagian bibit cabe sebanyak 1.000 pohon. Hal tersebut dilakukan untukmenumbuhkan kemandirian masyarakat Kota Cimahi dalammemenuhi kebutuhan rempah dapurnya dengan melakukanpenanaman tanaman holtikultura secara mandiri di lingkungannya masing-masing. Selain itu masyarakat yang datang untuk berbelanja pun mendapatkan cemilan sehat, minuman dari bunga telang, dan susu sapi murni gratis.

 

Gerakan Pangan Murah Pangan Pokok dan Segar Kota Cimahi ini diagendakan sebanyak 30 kali selama tahun 2024,baik digelar di Pemkot Cimahi maupun di luar Pemkot (di Kelurahan-Kelurahan). Adapun GPM kali ini merupakanGPM ke-27 dari rencana pelaksanaan GPM Tahun 2024.

 

Diharapkan melalui penyelenggaraan GPM ini dapatmembantu masyarakat dan mengurangi beban pengeluaran, terhindar dari kerawanan pangan, dan masyarakat dapatmembeli bahan pangan lebih murah dari harga pasar yang pada akhirnya diharapkan dapat mempercepat pengendalianinflasi di Kota Cimahi khususnya, umumnya Jawa Barat.

Editor : Okky Adiana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network