PWM Jabar Komitmen Menyukseskan Pilkada dengan Prinsip-prinsip Demokrasi

Okky Adiana
Pilkada serentak akan digelar pada November 2024 mendatang dan riuh dinamika politik mulai terasa dengan hadirnya pasangan calon kepala daerah di berbagai wilayah. (Foto: istimewa)

GARUT, iNewsCimahi - Pilkada serentak akan digelar pada November 2024 mendatang dan riuh dinamika politik mulai terasa dengan hadirnya pasangan calon kepala daerah di berbagai wilayah. Merespons hal ini, Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat menyatakan komitmennya untuk turut serta dalam menyukseskan Pilkada dengan prinsip-prinsip demokrasi.

 

Ketua LHKP PWM Jawa Barat Ahmad Buchari menegaskan bahwa Muhammadiyah akan berperan aktif dalam mengawasi jalannya Pilkada secara transparan dan bekerja sama dengan lembaga terkait untuk memastikan pelaksanaannya sesuai dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

 

“Pilkada serentak merupakan momentum yang sangat penting dalam menjalankan kedaulatan rakyat. Kami berkomitmen untuk ikut berpartisipasi aktif dalam sosialisasi dan pengawasan Pilkada di Provinsi Jawa Barat,” ujar Ahmad Buchari di acara Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2024 Bersama PWM Jawa Barat di Gedung Dakwah Muhammadiyah Garut pada Senin (30/9/2024).

 

Muhammadiyah Jawa Barat juga akan berfokus pada penguatan administrasi penyelenggaraan Pilkada dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) penyelenggara. Selain itu, persyarikatan Muhammadiyah juga mendorong pendewasaan publik dalam menghadapi Pilkada, dengan tujuan meningkatkan partisipasi yang cerdas dan bijaksana dari masyarakat.

 

Ahmad Buchari juga menghimbau kepada aparat penegak hukum dan penyelenggara Pilkada untuk menjaga netralitas dan profesionalisme. Hal ini, menurutnya, penting agar kepercayaan publik terhadap proses demokrasi tetap terjaga. “Kami berharap aparat dan penyelenggara Pilkada dapat menjalankan tugasnya tanpa memihak, demi menjaga integritas dan keadilan dalam pelaksanaan Pilkada,” imbuhnya.

Editor : Okky Adiana

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network