Dinas Lingkungan Hidup Cimahi Launching Program Sekolah Ramah Lingkungan

Okky Adiana
Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi meluncurkan program sekolah ramah lingkungan Kota Cimahi Sekolah Ramah Lingkungan (Seralikoci). (Foto: isrimewa)

CIMAHI, iNewsCimahi.id - Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi meluncurkan program sekolah ramah lingkungan Kota Cimahi Sekolah Ramah Lingkungan (Seralikoci).  

Seralikoci adalah satu program yang mengajak individu, komunitas, dan seluruh warga sekolah menyatakan kepedulian dan perubahan perilakudalam pengelolaan sampah, yang dilaksanakan oleh sekolah, yang mendukung program kementerian lingkungan hidup dan kehutanan yaitu gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah dan adiwiyata. 

Program ini bertujuan untuk mewujudkan sekolah yang peduli lingkungan khususnyapengelolaan sampah melalui kegiatan pembinaan, penilaian & pemberian Grade sekolah. Seremonial launching program Seralikoci dilakukan pada Selasa (24/09) bertempat di SMPK BPK Penabur, Citeureup, Kota Cimahi.

Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Cimahi yang mewakili Pj Wali Kota Cimahi dalam sambutannya menyebutkan program Seralikoci ini pada dasarnya sama dengan latar belakang dibuatnya Program GPBLHS oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yaitu karena akar utama masalah lingkungan yang terjadi, karena perilaku atau kebiasaan dan moralitas yang kurang baik, baik secara individu maupun secara kelompok atau korporasi. Jadi tujuan seralikoci adalah meningkatkan pengelolaan sampah di kalangan pelajar dan seluruh warga sekolah. 

“Kita mulai pembentukan karakter sejak dini melalui pendidikan di sekolah,” ucapnya, saat diwawancara awak media.

 

Endang juga menyebutkan, program Grak Ompipah telah membawa perubahan signifikan bagi kota, dan program Seralikoci merupakan aspek lain yang diharapkan dapat membantu mencapai target zero sampah ke TPS tahun 2025. “Saat ini, ada 40 sekolah yang sudah diinisiasi dan mencoba metode ini,” jelas Endang.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi Chanifah Listyarini, menjelaskan bahwa program Seralkoci bukan sekadar soal pengelolaan sampah, tetapi juga mencerminkan tanggung jawab bersama di lingkungan sekolah.Chanifah menekankan pentingnya peran siswa sebagai agen perubahan dalam masyarakat. 

Ia optimis bahwa upaya ini akan membantu mewujudkan Cimahi zero to TPA (Tempat Pembuangan Akhir) pada tahun 2025. 

“Dengan mengelola sampah dengan bijak di sekolah, harapannya kebiasaan ini dapat diterapkan di rumah masing-masing,” tandasnya. 

Editor : Okky Adiana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network