Tanggulangi TBC, Dinkes Kota Cimahi Lakukan Kick Off ACF Portable X-Ray ke Sejumlah Tempat

Okky Adiana
Dinas Kesehatan Kota Cimahi melaksanakan kegiatan  Aktive Case Finding (ACF) Portable X-Ray di sejumlah tempat. untuk menggulangi Penyakit menular Tuberkulosis (TBC). (Foto: istimewa)

CIMAHI, iNewsCimahi.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi melaksanakan kegiatan  Aktive Case Finding (ACF) Portable X-Ray di sejumlah tempat. untuk menggulangi Penyakit menular Tuberkulosis (TBC).

Kick off Aktive Case Finding (ACF) Portable X-Ray dilaksanakan dari 9 September – 11 Oktober 2024 di 5 lokasi dengan target 100 peserta/hari, masing masing tanggal 9-13 September 2024 diPondok Pesantren Misbahunnur wilayah Puskesmas Cipageran, 16-20 September di PT. Dewa Sutratek dan hari ini mulai dari 23-27 September 2024 di RW 25 Kelurahan Cibereum, Kecamatan Cimahi Selatan. 

Kegiatan Aktive Case Finding (ACF) Portable X-Ray di RW 025 Kelurahan Cibeureum, yang termasuk dalam wilayah kerja Puskesmas Cibeureum dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Mulyati, dan dihadiri oleh perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Lurah Cibeureum, serta mitra-mitra TBC dan tamu undangan lainnya.

Mulyati menekankan pentingnyapeningkatan upaya penemuan kasus melalui kolaborasi lintassektor dan pendekatan inovatif seperti ACF Portable X-Ray. Berdasarkan data hingga Juli 2024, pencapaian notifikasikasus TBC baru mencapai 2.140 kasus atau 56,7% dari target 3.775. 

Sementara itu, penemuan terduga TBC juga masihrendah, hanya mencapai 46,5% dari target, yakni 8.531 dari18.346 terduga yang telah menerima layanan sesuai standar. Dengan adanya ACF Portable X-Ray, diharapkan dapatmeningkatkan jumlah penemuan kasus, investigasi kontak(IK), serta membantu mencapai Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang ditetapkan.

Kegiatan ACF Portable X-Ray ini merupakan salah satubentuk implementasi program penanggulangan TBC yang inovatif dan komprehensif. Program ini melibatkanmasyarakat, sektor swasta, dan kerja sama lintas sektor sesuaidengan regulasi Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 67 Tahun 2016 serta Peraturan Presiden Nomor 67 Tahun 2021 tentang Penanggulangan TBC. Kegiatan ini bertujuan untukmenemukan kasus TBC secara dini pada kelompok sasaran, memberikan pengobatan yang sesuai, serta mendukung upayapenemuan kasus infeksi laten tuberkulosis (ILTB).

Sebagai bagian dari upaya kolaboratif ini, Dinas Kesehatan juga bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dalam menanganipenanggulangan TBC, terutama di lingkungan sekolah dan institusi pendidikan. Kerja sama ini dilakukan melalui skriningkesehatan rutin bagi siswa-siswi dan tenaga pengajar, edukasikesehatan tentang pentingnya deteksi dini dan pengobatanTBC. 

Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkanpenemuan kasus secara dini di kalangan pelajar, yang merupakan kelompok rentan terhadap penularan TBC.

Kedepan Dinas Kesehatan Kota Cimahi berencana akan terusmelanjutkan kegiatan ACF ini di wilayah Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara (30 September- 4 Oktober 2024) dan di SMKN 1 Cimahi (7 – 11 Oktober 2024) denganprevalensi TBC yang tinggi, sebagai bagian dari upayamempercepat eliminasi TBC sebelum tahun 2030. 

Editor : Okky Adiana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network