Kolaborasi Lintas Sektor di Kota Cimahi untuk Penangulangan TBC Menuju Eliminasi Tahun 2030

Okky Adiana
Dinas Kesehatan Kota Cimahi menggelar Pertemuan Lintas Sektor dan Lintas Program dalam Penanggulangan Tuberkulosis (TBC) di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Unjani Kota Cimahi, Rabu(28/8/2024). (Foto: istimewa)

CIMAHI, iNewsCimahi.id - Dinas Kesehatan Kota Cimahi menggelar Pertemuan Lintas Sektor dan Lintas Program dalam Penanggulangan Tuberkulosis (TBC) di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Unjani Kota Cimahi, pada Rabu (28/8/2024). 

 

Pertemuan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Mulyati, dan dihadiri oleh 47 tamu undangan yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, perwakilan kecamatan, kelurahan, kepala puskesmas, sertamitra-mitra yang berkontribusi dalam program penanggulangan TBC.

Dalam sambutannya saat membuka acara Mulyati menyoroti bahwa pada tahun 2023, Kota Cimahi melaporkan 4.603 kasus TBC dari estimasi 4.570 kasus. 

 

Dari jumlah tersebut, 4.117 pasien telah memulai pengobatan. Data ini menunjukkan bahwa masih ada tantangan dalam inisiasi pengobatan, sertarendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pengobatanTBC. 

 

"Penyakit TBC tidak hanya berdampak pada sektorkesehatan, tetapi juga pada aspek sosial dan ekonomimasyarakat," ujar  Mulyati.

Mulyati juga menekankan tantangan signifikan lainnya, yaitutingginya angka Incidence Rate kasus TB di Kota Cimahiyang mencapai 820 per 100.000 penduduk.

"Ini adalah angkayang jauh dari target eliminasi tuberkulosis pada tahun 2030, di mana kita menargetkan penurunan angka kejadian menjadi65 kasus per 100.000 penduduk. Untuk itu, dibutuhkan kerjakeras dan kolaborasi yang kuat antar sektor untuk mencapaitarget tersebut," lanjutnya.

 

Dia juga menegaskan bahwa eliminasi TBC memerlukankolaborasi yang kuat antar berbagai sektor.
 

"Keberhasilaneliminasi TBC sebelum tahun 2030 sangat ditentukan oleh kontribusi dan kolaborasi lintas sektor oleh multi pihak dan seluruh lapisan masyarakat secara berkesinambungan. Setiapsektor mempunyai peran penting dan semua perlu mengambilbagian untuk menyukseskan eliminasi TBC," tambahnya.

 

Pertemuan ini bertujuan untuk melakukan koordinasi rutin di antara sektor-sektor terkait, serta mengembangkan rencanaaksi atau rencana tindak lanjut yang konkret dalam upayamenuju eliminasi TBC di Kota Cimahi pada tahun 2030.

 

Kegiatan ini juga merupakan bentuk implementasi daristrategi nasional yang tertuang dalam Peraturan PresidenNomor 67 Tahun 2021 tentang Penanggulangan TBC, khususnya dalam meningkatkan peran serta komunitas, pemangku kepentingan, dan sektor lain dalam penanggulangan TBC.

 

Diharapkan, hasil dari pertemuan ini dapat menjadi langkahmaju yang signifikan dalam upaya penanggulangan TBC di Kota Cimahi, serta menjadi model kerjasama lintas sekto ryang dapat diterapkan di daerah lain.

 

Hadir sebagai narasumber dalam pertemuan lintas sektortersebut M.Yudi Koharudin, S.T., MAP. Ketua Tim KerjaPenyakit Menular Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dan Hariyah, SKM., MKM Pejabat Fungsional Ahli Madya surveilan penyakit menular Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. 

Editor : Okky Adiana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network