Pj Wali Kota Cimahi Lantik Budi Raharja Sebagai Pj Sekda

Okky Adiana
Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi secara resmi melantik Budi Raharja Asisten 1 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Cimahi, sebagai Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi. (Foto: istimewa)

CIMAHI, iNewsCimahi.id - Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi secara resmi melantik Budi Raharja Asisten 1 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Cimahi, sebagai Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi, bertempat di Aula Gedung A Kantor Pemerintah Daerah Kota Cimahi, Jumat (2/8/2024). 

 

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini dihadiri oleh unsur Forkopimda Kota Cimahi, para Asisten Setda Kota Cimahi dan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi.

 

Kepada Penjabat Sekretaris Daerah yang baru saja dilantik, Dicky berpesan agar Sekretaris Daerah yang baru dilantikdapat meningkatkan kapasitas sehingga dapat meningkatkankualitas kinerja, melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh Sekretaris Daerah sebelumnya, serta menuntaskan agenda-agenda dan program yang harus diselesaikan pada tahun 2024. 

 

Secara khusus Ia pun berpesan untuk dapat menjalankan tugas Sekretaris Daerah sebagai seseorang yang mampu menjagairama dan langkah organisasi agar tetap dalam satu kesatuandalam menggapai tujuan.

 

“Seorang Penjabat SekretarisDaerah ini adalah hal yang penting, dia sebagai satu Chief Excecutive Officer dalam satu perusahaan yang nanti bisamengarahkan, memfasilitasi dan mengkoordinasikan seluruhorganisasi perangkat daerah agar berada dalam satu ceritayang sama, dalam satu gerakan langkah yang sama untukpencapaian tujuan baik di 2024 ini,” tutur Dicky, dalam siaran persnya.

 

Lebih lanjut, Dicky mengungkapkan bahwa pelantikan danpengangkatan sumpah jajaran pejabat di setiap Pemerintah Daerah Kota Cimahi dimaksudkan untuk lebih memperlancar pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik. 

Menurutnya pembenahan dan pemantapan organisasi dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja danpenyelenggaraan tugas serta pelayanan yang maksimal. Iamengaku pihaknya telah menempuh prosedur yang telahditetapkan dalam pelantikan Pj Sekda Kota Cimahi ini.

 

“Prinsipnya organisasi itu tidak boleh ada kekosongan, jadioleh karena itu Penjabat Wali Kota yang saya isi ini adalahuntuk mengisi setelah Pa Dikdik memberikan permohonanuntuk pensiun dininya dan sudah diterima sehingga jabatan iniperlu saya isi. Semua prosedur dalam pengisian jabatan initelah dilakukan termasuk dalam hal ini kepada BadanKepegawaian Negara termasuk Kementerian Dalam Negeridan juga Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Oleh karena ituyang kami lakukan ini juga tidak terlepas dari prosedur yang saya tempuh dalam pelantikan Penjabat Sekretaris Daerah,” ungkap Dicky.

 

Dicky juga mengajak seluruh pejabat struktural di Pemkot Cimahi untuk bersama-sama dan bergerak cepat, berlari danmelanjutkan berbagai program pembangunan diberbagaisektor di Kota Cimahi, baik di bidang pendidikan, infrastruktur, maupun bidang lainnya, untuk meningkatkankesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. 

 

Ia berpesan pada para Kepala Perangkat Daerah untuk dapatmendukung tugas-tugas Penjabat Sekretaris Daerah, denganmemahami dan melaksanakan tugas sesuai dengan tantanganyang dihadapi, dan selaras dengan tuntutan organisasi.

 

“Kita ketahui bersama bahwa kita sedang memprosesanggaran perubahan, kita sedang memproses juga anggaranmurni, kita sedang memproses juga rencana pembangunanjangka panjang 2025 - 2045 dan juga kita sudah harusmemproses perencanaan tata ruang wilayah Kota Cimahi. Jadiitulah beberapa agenda rutin yang harus dilaksanakan, selainbeberapa agenda lain,” imbuhnya.

 

Sementara itu Budi Raharja menyampaikan tugas dan fungsi Sekretaris Daerah dalam membantu Wali Kota untukmenjalankan roda pemerintahan daerah, 

 

“Tadi disampaikanoleh Pj Wali Kota Cimahi bahwa kami Pemerintah Daerah Kota Cimahi sedang melakukan kegiatan rutin, perencanaan di tahun depan dan rencana jangka panjang dan tentu sayaselaku Pj Sekda tentunya harus melanjutkan itu, dengan melakukan berbagai macam inovasi sesuai yang diharapkanPak Pj Wali Kota dan juga percepatan-perceatan dalampelaksanaan program dan kegiatan terutama di tahun 2024,” pungkasnya.

Editor : Okky Adiana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network