Ijudin Nilai Penangkapan Paksa 7 Orang Penebang Pohon Pangandaran Langggar Kode Etik

Okky Adiana
Kepolisan Sektor Sidamulih, Kabupaten Pangandaran menangkap tujuh orang yang tengah melakukan aktivitas penebangan pohon. (Foto: Istimewa)

PANGANDARAN, iNewsCimahi.id - Kepolisan Sektor Sidamulih, Kabupaten Pangandaran menangkap tujuh orang yang tengah melakukan aktivitas penebangan pohon di desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jumat (20/10/2023) lalu.

Atas penangkapan tersebut, kuasa hukum ahli waris Hidayat Faber selaku pemilik sah atas lahan tersebut, M. Ijudin Rahmat SH. langsung mendatangi Mapolres Pangandaran yang mendapat limpahan kasus penangkapan ke tujuh pekerja penebang pohon.

"Saya selaku kuasa hukum ahli waris dari Hidayat Faber, pemilik sah berdasarkan penetapan pengadilan no 07 /Pdtp/2002  di Desa  Cikalong Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran seluas 83 hektare, mempertanyakan terkait penangkapan ke tujuh pekerja penebang kayu ini", ujar M. Ijudin Rahmat SH.


Ijudin menilai penangkapan paksa yang dilakukan oleh Polsek Sidamulih melanggar kode etik kepolisian.

"Pasalnya, penangkapan dilakukan hanya berdasarkan informasi sepihak dari pihak oknum kehutanan yang mengaku sebagai pemilik lahan, tanpa adanya dasar laporan yang jelas," sambungnya.

Ijudin menegaskan, saat ini tim kuasa hukum pemilik lahan akan melakukan laporan atas ketidak profesional an yang dilakukan Polsek Sidamulih, Kabupaten Pangandaran.

"Dengan adanya tindakan tersebut, saya selaku kuasa pemilik lahan menduga  adanya perbuatan melawan hukum dan  pelanggaran kode etik kepolisian RI yang diduga di akukan oleh petinggi Polsek Sidamulih berinisial S," tegasnya.


Ijudin mengatakan selain melaporkan kasus ini ke Propam Mabes Polri dan Kompolnas, pihaknya juga  melaporkan dugaan pelanggaran HAM ke Komnas HAM RI agar tidak terjadi lagi kasus serupa dan menimpa masyarakat awam," pungkasnya.

Sementara itu, advokat Ucok Rolando Tamba SH MH  yang juga salah saru kuasa hukum ahli waris  saat ditemui di Bandung membenarkan pihaknya  telah membuat laporan melalui online yanduan Propam Mabes Polri juga melalui surat ke semua instansi terkait baik itu Kompolnas atau pun Komnas HAM

"Kita tunggu saja prosesnya semoga dengan adanya laporan ini membuat kepolisian semakin baik ke depannya", tandasnya.

Selain menangkap tujuh pekerja, Polsek Sidamulih pun mengamankan alat tebang beserta 35 batang kayu jati.

Kepolisian Resort Pangandaran pun membebaskan kembali ke tujuh pekerja penebang pohon tersebut dan mengembalikan seluruh barang bukti yang disita, lantaran pihak asper perhutani tidak bisa membuat laporan karena tidak adanya bukti kepemilikan lahan secara sah.

Namun demikian, meski ke tujuh pekerja telah dibebaskan, laporan terkait profesionalisme kepolisian sektor Sidamulih tetap berlanjut.

"Saya mengapresiasi langkah yang dilakukan unit Tipidter Polres Pangandaran, yang tidak melanjutkan pemeriksaan lantaran tidak adanya laporan yang menyertai penangkapan ke tujuh tersangka", jelas M. Ijudin Rahmat SH., yang juga sebagai Ketua Biro Hukum DPP Manggala Garuda Putih. 



Editor : Okky Adiana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network