BPBD Kota Cimahi Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tim Rekasi Cepat Penanggulangan Bencana

Okky Adiana
Sebanyak 80 peserta mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas tim rekasi cepat penanggulangan bencana di Plaza Rakyat Kota Cimahi. (Foto: Istimewa)

CIMAHI, iNewsCimahi.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tim Rekasi Cepat Penanggulangan Bencana di Plaza Rakyat Kota Cimahi, selama dua hari pada (2-3/8/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh 80 orang peserta terdiri dari unsur TNI, Polri, Kajari, Perangkat Daerah, unsur Kecamatan, Kelurahan, PLN, PDAM, PMI, TAGANA, Kwarcab Gerakan Pramuka, Senkom, KIC, RAPI, ORARI dan unsur organisasi Relawan yang tergabung dalam Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kota Cimahi.

Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan menyampaikan bahwa pelatihan ini dimaksudkan untuk membekali para peserta dalam meningkatkan kemampuan dan kapasitas yang tergabung dalam sebuah tim, yang khusus disiapkan pada saat tanggap darurat bencana, terutama dalam menangani masalah pengungsi, penyelamatan, serta pemulihan prasarana dan sarana.

"Berbagai bencana yang telah terjadi di berbagai wilayah di Indonesia memberikan pembelajaran bagi kita, bahwa banyaknya korban jiwa dan harta benda dalam musibah tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan dan ketidaksiapan masyarakat dalam mengantisipasi bencana. Oleh karenanya, penting bagi kita menyusun perencanaan dan pengaturan dalam penanggulangan bencana," ujar Dikdik, dalam siaran persnya.

Lebih lanjut Dikdik berharap, setelah adanya pelatihan-pelatihan, sosialisasi dan edukasi terkait kebencanaan, secara keseluruhan menjadi bentuk komitmen dan tanggung jawab bahwa bencana menjadi urusan bersama dalam melindungi dan memberikan pelayanan serta rasa aman kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kota Cimahi.



Editor : Okky Adiana

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network