get app
inews
Aa Read Next : 7 Pemenang Best Paper ICMEM 2024 Diumumkan, Penerima Beasiswa LPDP Meraih Penghargaan

Direktur PERUM BULOG Bagikan Pengalaman Penerapan ESG pada Konferensi Internasional ICMEM ITB

Jum'at, 30 Agustus 2024 | 13:07 WIB
header img
Misi BULOG adalah menjadi pemimpin rantai pasok pangan yang terpercaya, dengan tiga nilai utama: ketersediaan, keterjangkauan, dan stabilitas. (Foto: istimewa)

DENPASAR, iNewsCimahi.id - Direktur Transformasi dan Hubungan Kelembagaan Perum BULOG Sonya Mamoriska Harahap menyatakan, misi BULOG adalah menjadi pemimpin rantai pasok pangan yang terpercaya, dengan tiga nilai utama: ketersediaan, keterjangkauan, dan stabilitas. Dirinya memposisikan diri sebagai pemimpin rantai pasok pangan, bukan hanya sebagai perusahaan logistik pangan.

 

Hal ini dia nyatakan dalam presentasi plenary session pada Konferensi Internasional ICMEM (International Conference on Management in Emerging Market) 2024 yang mengusung tema “Environmental, Social, and Governance (ESG)”. Sonya menekankan pentingnya integrasi ESG dalam operasional BULOG. 

 

"Kami memahami bahwa ESG bukan hanya sekadar memenuhi regulasi, tetapi juga tentang bagaimana kami dapat berkontribusi pada tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG) di Indonesia," jelasnya. 

 

BULOG mengelompokkan pendekatan ESG ke dalam tiga aspek utama: lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan.

 

Pada aspek lingkungan, BULOG telah mengimplementasikan sejumlah inisiatif, termasuk modernisasi pergudangan komoditas untuk meminimalkan limbah dan menjaga kualitas pangan. 

 

"Pada tahun 2022, fokus kami adalah memodernisasi pergudangan komoditas untuk meminimalkan limbah akibat kerusakan dan penurunan kualitas, dengan penekanan besar pada penanganan inflasi pangan yang fluktuatif dan pengurangan limbah pangan. Pada 2024, pemerintah menargetkan pengurangan inflasi pangan sebesar 4,0±1% dan pengelolaan sekitar 49 juta metrik ton limbah pangan," ungkap Sonya.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut